Wednesday, January 20, 2010

Indahnya Umrah Bersama Bank BRI

Pada artikel sebelumnya, telah diceritakan pengalaman Pak Munawar yang tidak pernah mengeluh membantu Calon Jemaah Haji dalam mendaftarkan keberangkatan haji, namun sebaliknya sukses membantu orang merupakan suatu kebanggaan tersendiri baginya. Alhamdulillah, apa yang digeluti pak Munawar membuahkan hasil nyata, kelima putra-putrinya telah menyandang gelar sarjana dari berbagai disiplin ilmu, selain itu dari BRI ybs juga sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan sebagai salah satu KBIH/Kolektor Haji Terbaik dan mendapatkan hadiah umrah Gratis dari BRI (Menuai Hikmah Bersama Bank BRI).

Sekarang saya akan bercerita tentang pelaksanaan Umrah Bersama BRI tersebut yang diikuti oleh Pengurus KBIH/Kolektor Haji Terbaik versi BRI (Pengumpul Calon Jemaah Haji yang terbanyak membawa ke Bank BRI dan menyetorkan dana hajinya melalui Tabungan Haji BRI).

Kegiatan umrah yang saya ceritakan disini adalah perjalanan umrah pada tahun 2007, yang juga saya ikuti.

Sebelumnya saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada manajemen BRI yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada saya untuk mendampingi para KBIH Terbaik BRI tersebut. Saya bangga dan senang sekali, terima kasih ya Allah atas anugerah ini.

Kegiatan umrah dilaksanakan selama 9 hari, mulai dari tanggal 06 s.d. 15 Juni 2007 yang bekerjasama dengan Biro Perjalanan Umrah terkemuka dengan fasilitas bintang lima, yaitu PT. Patuna. Jumlah pemenang umrah sebanyak 25 orang, yang berasal dari Aceh sampai Jayapura. Sebagian dari peserta tersebut ada juga yang membawa istri atau keluarganya dengan biaya sendiri, sehingga total rombongan umrah kami sebanyak 40 orang.

Rangkaian kegiatan pelaksanaan umrah dimaksud adalah sebagai berikut :

Selasa, 05 Juni 2007
Sehari sebelum keberangkatan umrah, semua peserta diminta untuk berkumpul terlebih dahulu di Jakarta dan akomodasi disediakan oleh Bank BRI di Hotel Atlet Century Park Jakarta. Pukul 17.00 semua peserta sudah check-in hotel dan istirahat di kamar yang telah disediakan.
Malamnya pukul 19.00 WIB diadakan acara silaturahmi, selain dihadiri oleh Pejabat BRI juga dihariri oleh Pejabat Departemen Agama antara lain Direktur BPIH Bp. Abdul Ghofur Bawazir, Direktur Pelayanan Haji Bp. Zakaria Ansari dan Direktur Pembinaan Haji Bp. Iskandar Idi. Makan malam yang penuh keakraban dan kekeluargaan yang diiring lagu-lagu Padang Pasir lengkap dengan tari-tariannya, seperti tari zapin. Acara juga diisi dengan sambutan-sambutan dari Pejabat Depag dan BRI. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian souvenir berupa jaket serta uang saku sebesar SAR 500 ke masing-masing peserta pemenang umrah.

Jam 21.30 Acara selesai, peserta kembali ke kamar masing-masing untuk istirahat dan persiapan keberangkatan esok harinya.

Rabu, 06 Juni 2007.
Pukul 09.30 WIB, setelah selesai sarapan pagi kita check-out dari hotel, kemudian berangkat ke bandara Soekarno-Hatta dengan bis yang telah disediakan oleh Panitia.
Pukul 10.30, kita sudah di terminal II-F Bandara Soekarno-Hatta, pengurus dari PATUNA sudah menunggu di sana untuk mengurus bagasi dan imigrasi. Sementara menunggu proses imigrasi, kita makan di McDonal Bandara. Suasana keakraban dan kekeluargaan selalu terlihat, walaupun kita semua baru saling mengenal. Setelah selesai pengurusan bagasi dan imigrasi, kita masuk ke ruang tunggu keberangkatan.

Pukul 13.30 WIB, pesawat kita berangkat menuju Jeddah dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA-9802.

Pukul 18.30 waktu setempat kita sampai di Jeddah dan disambut oleh perwakilan PATUNA di Jeddah. Mereka mengurus bagasi kita, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan bis menuju ke Hotel Holiday Inn Jeddah. Kemudian makan malam di hotel dan istirahat.

Kamis, 07 Juni 2008.
Pukul 09.00 waktu setempat setelah selesai sarapan pagi, kita check-out dan berangkat ke Madinah dengan bis AC yang telah disediakan oleh Panitia.
Banyak hadis yang menyebutkan tentang kelebihan Madinah dan buminya, kelebihan tinggal dan beramal di dalamnya, juga larangan melakukan kejahatan. Antara lain, ”Sesungguhnya Ibrahim telah mengharamkan Makkah dan berdoa untuknya dan aku mengharamkan Madinah sebagaimana Ibrahim mengharamkan Makkah dan aku berdoa untuk keberkatannya sebagaimana Ibrahim berdoa untuk Makkah”.

Pukul 14.30 kita sampai di Madinah dan langsung masuk hotel, yaitu Hotel Movenpick yang jaraknya cuma beberapa meter dari Masjid Nabawi. Setelah dapat kamar, kita istirahat sebentar kemudian ke Masjid Nabawi untuk menunaikan Shalat Ashar.
Sabda Rasulullah SAW, “Pahala sholat di masjidku ini adalah seribu kali lebih baik dari pada shalat di masjid lainnya, kecuali di Masjidil Haram”.
Masjidnya besar sekali dan megah. Kami juga mengunjungi Raudhah yang merupakan tempat yang sangat mulia dalam Masjid Nabawi.
Rasulullah SAW bersabda, “Di antara rumahku dengan mimbarku adalah Raudhah (taman) diantara taman-taman surga”.

Setelah mengunjungi Raudhah yang berdesak-desakan, kami berziarah ke makam Rasulullah SAW, makam Abu Bakar As-Siddiq, dan makam Umar Ibnul Khattab.
Lalu kamipun mengunjungi perkuburan Baqi’, yakni kawasan perkuburan bagi penduduk Madinah sejak zaman Jahiliyah sampai sekarang (termasuk jamaah Haji dan Umrah yang meninggal di Madinah).
Yang dikuburkan di Baqi’ antara lain adalah Usman bin Affan, dan para istri nabi, yaitu : Siti Aisyah, Ummi Salamah, Juwairiyah, Zainab, Hafsah binti Umar bin Khattab, Mariyah Al Qibtiyah. Ada juga makam putera dan puteri Rasulullah SAW, diantaranya Ibrahim, Siti Fatimah, Zainab dan Ruqayya Halimatus Sa’diyah ibu susu Rasulullah SAW.

Setelah itu kami kembali ke hotel, istirahat sebentar kemudian siap-siap balik lagi ke masjid perbanyak ibadah. Yang pasti, hari pertama sampai di Madinah, kita habiskan waktu di Masjid Nabawi sampai malamnya lagi.

Jumat, 08 Juni 2007
Hari kedua di Madinah diisi dengan ziarah, sebelum berangkat peserta diminta untuk berwudhu’ terlebih dahulu. Pukul 07.30 waktu setempat kita berangkat dengan menggunakan bis. Pertama kita mengunjungi Masjid Quba yang terletak + 5 km sebelah barat daya Madinah. Masjid Quba adalah masjid yang pertama didirikan oleh Rasullullah SAW. Disini kita diberi waktu + 30 menit, cukup untuk melakukan shalat tahiyatul masjid dan shalat dhuha.
Rasullullah SAW bersabda : “Siapa saja yang bersuci (membersihkan diri dari najis dan hadats) di rumahnya, kemudian datang ke masjid Quba dan shalat didalamnya, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala umrah”.

Kunjungan kedua kita ke Jabal Uhud (bukit Uhud) yang letaknya + 5 km dari pusat kota Madinah. Di lembah bukit ini pernah terjadi perang dahsyat antara kaum muslimin sebanyak 700 orang melawan kaum musyrikin Makkah sebanyak 3.000 orang yang dikenal dengan perang Uhud. Perang ini juga terkenal dengan ketidakpatuhan prajurit Rasulullah terhadap perintahnya. Mereka diperintahkan untuk menetap dibukit sebelum adanya perintah turun dari Rasulullah. Tapi ketika musuh terlihat lari, prajurit Rasulullah itu berebut turun dari bukit untuk mengambil harta peninggalan musuh. Secara tiba-tiba musuh berbalik dan pasukan Muslimin menderita kekakalahan.
Disini terdapat kuburan para syuhada yang dipagari, termasuk didalamnya kuburan Hamzah (paman Rasulullah) yang gigih berjuang membela beliau.
Kunjungan ketiga Masjid Qiblatain (dua arah). Pada permulaan Islam, orang melakukan shalat dengan menghadap ke arah Baitul Maqdis di Palestina/ Yerussalem. Pada tahun ke 2 Hijriyah hari senin bulan Rajab waktu shalat zhuhur di masjid tersebut Rasulullah SAW menerima wahyu surat Al-Baqarah ayat 144. Dalam shalat tersebut mula-mula Rasulullah SAW menghadap ke arah Masjid Aqsa, tetapi setelah turun ayat tersebut beliau menghentikan sementara, kemudian meneruskan shalat dengan menghadap ke Mesjidil Haram.

Setelah jalan-jalan dan ziarah ke beberapa mesjid dan beberapa tempat bersejarah di Madinah, kita balik lagi ke hotel dan bersiap-siap ke Masjid Nabawi lagi untuk melakukan Shalat Jum’at.

Sabtu, 09 Juni 2007
Pukul 07.30, sesudah sarapan pagi kita mengunjungi Percetakan Al Qur'an terbesar di dunia, setelah itu ke Pusat Magnet Bumi. Terakhir mampir ke kebun kurma yang saat itu lagi musim panen. Di sini juga terdapat pasar kurma, pedagang-pedagangnya pada nawarin segala macam kurma, ada juga makanan olahan dari kurma seperti coklat isi kurma, kurma isi kacang, kismis, dll. Mau nyobain disini, gratis lhoo...
Pukul 12.00 kita sudah di hotel lagi dan bersiap-siap untuk berangkat ke Makkah. Pukul 15.00 kita semua sudah siap untuk berangkat, dengan berpakaian ihram. Sebelumnya singgah untuk miqat umrah di Bir Ali yaitu tempat miqat umrah atau haji bagi penduduk Madinah atau mereka yang datang dari Madinah.
Sampai di sana kita melakukan shalat Ashar dan shalat sunat ihram dan niat ber-umrah.
Setelah berbusana ihram dan berniat ihram ini, maka berlakulah sejumlah larangan seperti membuka pakaian ihram, menggunting/mencabut rambut dengan sengaja, membunuh binatang apapun termasuk nyamuk, memakai wewangian, dan beberapa larangan lainnya.
Kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju Makkah, dalam perjalanan selalu diisi dengan talbiyah.

Pukul 20.30 kita sampai di Mekah dan langsung check in di Hotel Elaf Kindah. Jarak ke Masjidil Haram sangat dekat, hanya beberapa meter saja. Setelah makan malam, sekitar pukul 22.00 kita langsung ke Masjidil Haram untuk melaksanakan ibadah umrah, mulai dari Tawaf (mengelilingi Kabah 7 kali), Sa’i (jalan diantara 2 bukit safa dan marwa, 7 kali) dan Tahallul yang merupakan ujung rangkaian kegiatan umrah, yang berarti gugurlah semua pantangan umrah (dengan memotong rambut min 2 cm).
Kemudian kembali ke hotel untuk istirahat, namun beberapa peserta ada yang balik lagi ingin mencium Hajarul Aswad, yang tentunya dengan perjuangan ekstra, karena pada berdesak-desakan ingin menciumnya.

Minggu, 10 Juni 2007
Jam 08.00 setelah selesai sarapan pagi, kita melakukan kegiatan berziarah, antara lain ke Jabal Tsur yaitu sebuah perbukitan yang diujungnya terdapat Gua Hira (tempat Nabi Muhammad mendapatkan wahyu pertama), Jabal Rahmah (sebuah perbukitan yang lebih pendek yang merupakan tempat bertemunya Adam dan Hawa untuk pertama kali sejak mereka diturunkan ke bumi), Jabal Nur, Padang Arafah, Muzdalifah, komplek pemakaman Ma’la (tempat dimakamkannya Siti Khadijah dan sahabat-sahabat Nabi). Kita juga mendapat kesempatan mengunjungi Museum Makkah yang berisi sejarah kota Makkah, Replika Al-Qur’an Mushaf Usmani, dll.

Senen, 11 Juni 2007
Perbanyak ibadah di Makkah, sebagaian dari rombongan kami juga ada yang melaksanakan umrah lagi. Selama di Makkah kita dapat melakukkan beberapa kali Ibadah Umrah dengan mengambil Miqat di Tan’im atau Ja’ronah, sehingga selama disana ada yang melaksanakan ibadah umrah 3, 4, 5, atau 6 kali. Intinya semua berlomba demi kebaikan dan keshalehan.

Selasa, 12 Juni 2007
Selesai sholat zhuhur, melakukan tawaf wada’ (Perpisahan), karena kita akan meninggalkan kota Makkah menuju Jeddah.
Pukul 14.00 kita check-out, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Jeddah dengan bus AC, dalam perjalanan singgah ke makam Siti Hawa, menyusuri pantai Laut Merah dan ke Masjid Fatimah (Masjid Terapung), kemudian Check in di Hotel JW Marriot. Malam hari jamaah diantar ke pusat perbelanjaan terkemuka di kota Jeddah (Balad atau Corniche).

Rabu, 13 Juni 2007
Hari kedua di Jeddah akan diisi dengan acara bebas. Setelah makan siang, Jama'ah berangkat ke bandara untuk kembali ke Tanah Air dengan menggunakan Garuda Airlines GA-9812 yang berangkat pada pukul 18.00 waktu setempat

Kamis, 14 Juni 2007
Pukul 13.00 Alhamdulillah kita tiba di Bandara Soekarno-Hatta dengan selamat, sehat, dan lancar. Setelah mengambil bagasi, kami berpisah. Mereka kembali meneruskan perjalanan ke daerahnya masing-masing dengan pesawat Garuda yang telah disediakan. Selamat Jalan para KBIH Terbaik BRI dan selamat berkumpul kembali dengan keluarga tercinta, semoga hubungan silaturahmi diantara kita tetap terpelihara dan kerjasama dengan BRI dapat terus ditingkatkan, terima kasih.
Begitulah kisah perjalanan Umrah Bersama Bank BRI. Meskipun perjalanan ke Tanah Suci hampir setiap tahun mereka lakukan, namun bertamu ke Rumah Allah tersebut selalu saja menyenangkan dan ingin dapat kesana lagi. Tanggapan para peserta sangat baik dan puas atas layanan yang istimewa dari Bank BRI ini (Baca tanggapan atau komentar atau SMS dari para peserta umrah).

Anda juga bisa mendapatkan hadiah Umrah Gratis bersama Bank BRI. Kumpulkanlah orang-orang disekitar anda yang mau berangkat haji dan bawa ke BRI agar menyetorkan biaya penyelenggaraan ibadah hajinya melalui Tabungan Haji BRI. Selain itu dapatkan juga insentif berupa uang tunai per calon jemaah haji yang anda bawa. Terima kasih.....

Informasi lebih lanjut, hubungi Kantor Cabnag BRI terdekat.

*********************************
Tanggapan/Komentar dari KBIH/Kolektor terbaik, peserta Umrah Bersama Bank BRI yang dikirim melalui SMS, antara lain :
** Terima kasih yang setinggi-tingginya saya sampaikan atas bantuannya dalam melaksanakan umrah, semoga BANK BRI lebih dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Maaf apabila ada kejanggalan selama kita bersama dalam mengerjakan umrah. TGK. H. M. DAUD ZAMZAMI, peserta umrah dari BRI Syariah Banda Aceh (081269823XX).
** Alhamdulillah, kami sekeluarga mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama yang baik, semoga lain kesempatan bisa bergabung lagi. Saya senantiasa berdoa semoga pertemuan yang terjalin ini akan menjadi tali kebersamaan menuju surga. ROISUL FALAH, peserta umrah dari BRI Jepara, Jawa Tengah (081228756XX)
** Semoga dalam kebersamaan mendapat Ridho Allah…amin, Insya Allah kerjasama akan terus terbina. ILYAS MARJUK, peserta umrah dari BRI Tangerang, Banten (081296833XX)
** Terima kasih untuk segalanya, Insya Allah kedepannya lebih baik dan Bank BRI tetap jaya selamanya…amin. DUDUNG YULIANI, peserta umrah dari BRI Sumedang, Jawa Barat (0813209366XX)
** Kami sekeluarga menghaturkan terima kasih atas kepedulian Bank BRI kepada kami. Semoga ibadah kita bernilai pahala disisi Allah SWT. BASO MUHAMMAD ASRI, peserta umrah dari BRI Mamuju, Selawesi Selatan (081242223XX)
** Kami sangat bersyukur atas kegiatan ini, semoga Bank BRI dan jajarannya senantiasa sukses selalu. MUHAMMAD ARSYAD AMBO TUO, peserta umrah dari BRI Pinrang, Sulawesi Selatan (0813429258XX)
** Terima kasih, semoga kerja sama kita lebih meningkat dimasa mendatang dan semoga Allah meridhoi usaha kita…. Amin ya robbal alamin. ADLIN BIN ABDULLAH ARSYAD, peserta umrah dari BRI Tanjung Balai, Sumatera Utara (081262823XX)
** Alhamdulillah, semua lancar. Kami berdoa semoga BRI tetap menjadi mitra masyarakat, dapat memajukan ekonomi. Amiiin. Terima kasih BRI. MUHAMMAD NUR DWI MARTO, peserta umrah dari BRI Jepara, Jawa Tengah (0813252887XX).
** Alhamdulillah. Terima kasih BRI, semoga BRI selalu bertambah jaya dan semakin berkembang pesat dalam perolehan laba. Kami sangat puas dan BRI mendapat barokah dari Allah, Amiiin. SUBIJANTORO BIN SUWITODARMO, peserta umrah dari BRI Nganjuk, Jawa Timur (0813354595XX)
** Terima kasih banyak BRI yang telah membantu kami berangkat umrah dan selamat kembali sampai ke rumah. JUNAIDI BIN MAJEPPU, peserta umrah dari BRI Tembilahan, Riau (0813677342XX)
** Alhamdulillahirabbilalamin, kami sangat bahagia dan berterima kasih banyak kepada BRI secara umum, yang telah menberikan sesuatu yang sangat mahal dalam hidup kami. Syukur pada Allah, hanya Allah yang akan membalasnya, semoga BRI terus berjaya dimasa akan datang. BRI akan terpateri dalam hati kami sebagai teman setia dalam hidup ini. Kami berharap BRI terus memberikan kegiatan umrah ini bukan hanya kepada KBIH saja, tapi juga kepada ulama-ulama, patut diperhatikan atas tanggung jawab mereka terhadap agama. BRI Jaya, Indonesia Bangga. SULFANWANDI BIN HASAN, peserta umrah dari BRI Banda Aceh (08116823XX)
** Terima kasih atas pelayanan BRI berikan, kami akan tingkatkan hubungan kekeluargaan ini. Terima kasih kami kepada BRI. FADLI HAZMI BIN HAZRAT, peserta umrah dari BRI Medan Puteri Hijau, Sumatera Utara (0813701057XX)

*********************************

4 Comments:

At January 20, 2010 at 4:17 PM , Anonymous Anonymous said...

Asyik dong bisa umrah, aku juga pengen bisa ikutan umrah bisa gak yaa...... (Syamsu)

At January 20, 2010 at 4:26 PM , Anonymous Anonymous said...

Assalammualikum....Pak H.Amrul Chair...Mau donk ikut Umrah...Biar saya bisa tobat disana dan menjadi suami yang bijaksana untuk keluarga kedepannya...jangan lupa ya Pak sama saya...Wassalam...BahaR

At January 20, 2010 at 4:30 PM , Anonymous Anonymous said...

assalammualaikum......
pak H.Amrul Chair ....boleh dong ikut umrah gratis .... kan pengen ikut jejak nabi muammad pak mau lihat keadaan di sana...............angga wahyudi

At December 11, 2010 at 9:57 PM , Anonymous Anonymous said...

mohon info bank bri yang mempunyai program tabungan haji plus mempunyai atm yang dekat dengan desa pabuaran/rajeg MAUK TANGERANG